logo Kompas.id
Lain-lainBPPT Berhasil Membuat Mangga...
Iklan

BPPT Berhasil Membuat Mangga Asal Indonesia Tahan Selama Sebulan

Oleh
Andreas Benoe Angger Putranto
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/7nzvkWzAnoPaNbqjSwD4gGjwxuk=/1024x671/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F11%2F20151204SETE.jpg
Kompas

Mangga Podang Khas Kediri - Pekerja menyortir buah mangga podang yang baru datang dari pengepul di Pasar Buah banyakan, Kabupaten Kediri, Jumat (4/12/2015). Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi berhasil mengaplikasikan inovasi teknologi pendingin yang membuat mangga asal Indonesia bisa tahan sampai sebulan.

SITUBONDO, KOMPAS – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi bekerjasama dengan PT Trigatra Rajasa mengaplikasikan inovasi pendinginan dan pelapisan (cooling dan coating) terhadap komoditas mangga. Teknologi ini membuat daya tahan buah lebih panjang, sehingga dapat meningkatkan potensi ekspor buah segar.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyanto saat berkunjung ke kebun mangga milik PT Trigatra Rajasa di Situbondo, Selasa (7/11) mengungkapkan,  selama ini mangga yang diproduksi di Indonesia hanya tahan 5 hari sampai 10 hari. "Kami telah berhasil melakukan penelitian hingga menghasilkan teknologi yang membuat mangga memiliki daya tahan hingga 1 bulan,” ujarnya.

Editor:
Bagikan