Inovasi Bisnis dan Isu-isu Sensitif
Ada bahaya pada ”wakewashing”, upaya dangkal dari suatu merek untuk terlibat pada aktivisme yang sedang berkembang. Namun, konsumen meihatnya sebagai cara yang munafik atau tak bermakna.
”Kaki wanita berbau lima kali lebih buruk daripada pria. Jika Anda tidak percaya, cium baunya.” P&G mungkin tidak menduga ketika mereka melontarkan iklan berbasis survei ini ke publik. Dalam waktu singkat, unggahan itu langsung memunculkan reaksi gusar dari masyarakat. Perempuan tersinggung dan menganggap survei itu tendensius. Merek perlu lebih peka dengan berbagai isu-isu sensitif. Belakangan bermunculan isu baru yang perlu disikapi oleh merek dengan berhati-hati.
Unggahan itu muncul di akun media sosial P&G yang sekarang sudah dihapus seperti dikutip South China Morning Post dalam laporan Business Insider. P&G telah membagikan unggahan tersebut pada 13 Maret lalu melalui akun resminya di platform media sosial China, yaitu WeChat. Unggahan tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan lini produk perawatan tubuh yang harum baunya.