logo Kompas.id
β€Ί
Kesehatanβ€ΊJaminan Keselamatan Pasien
Iklan

Jaminan Keselamatan Pasien

Mutu layanan sebuah rumah sakit tidak hanya ditentukan oleh kecanggihan teknologi, keterampilan dokter, dan alat kedokteran yang modern. Keselamatan pasien menempati prioritas utama dan penting di rumah sakit.

Oleh
samsuridjal djauzi
Β· 2 menit baca
DR SAMSURIDJAL DJAUZI
ARSIP PRIBADI

DR SAMSURIDJAL DJAUZI

Saya perhatikan rumah sakit di kota besar amat sibuk. Di Jakarta, misalnya, ada rumah sakit yang polikliniknya dikunjungi oleh 2.000 pasien per hari. Pasien yang dirawat dapat mencapai 1.000 orang, bahkan kamar operasi bisa lebih dari sepuluh. Parkir kendaraan yang disediakan tak mampu menampung motor dan mobil, selalu penuh. Kita dapat membayangkan kesibukan di rumah sakit besar tersebut mulai di poliklinik, ruang rawat, ruang perawatan intensif, juga di ruang gawat darurat. Pasien bersama keluarganya memenuhi ruang gawat darurat. Belum lagi ruang prosedur, radiologi, laboratorium, atau endoskopi. Ribuan orang berada di rumah sakit. Pertanyaan saya adalah bagaimana menjamin agar pelayanan rumah sakit dapat mengendalikan semuanya itu. Mungkinkah obat tertukar? Apakah pasien yang akan dioperasi memang mendapat tindakan operasi yang benar?

Kesalahan dalam pelayanan sudah tentu dapat terjadi. Kita mengalaminya di manapun. Di toko barang yang kita beli tertukar. Di restoran pesanan makanan orang diberikan ke kita. Di kereta api tempat duduk kita diduduki orang lain. Namun, kesalahan tersebut akibatnya tak akan seberat jika terjadi kesalahan di rumah sakit. Bayangkan jika ada pasien yang akan dioperasi tertukar. Tentu dampaknya dapat membahayakan jiwa pasien. Saya juga pernah mengalami pasien yang namanya sama. Ketika dipanggil, yang masuk dua orang. Bagaimana mencegah kesalahan pasien yang namanya sama ini?

Editor:
ADHITYA RAMADHAN
Bagikan