logo Kompas.id
β€Ί
Investigasiβ€ΊPonsel dan Media Sosial...
Iklan

Ponsel dan Media Sosial Mengubah Perilaku Belanja Kita

Tahun 2021 sampai sekarang merupakan era belanja sosial atau social commerce. Konsumen menjelajahi produk dan menyelesaikan transaksi melalui media sosial dan platform pembuatan konten dalam satu aplikasi.

Oleh
MEDIANA, FAJAR RAMADHAN, STEFANUS ATO, JOHANES GALUH BIMANTARA, HARRY SUSILO
Β· 1 menit baca
Michelle mahasiswi Universitas Ciputra Surabaya bersama rekannya Farrel memeriksa produk yang ditawarkan di berbagai platform lokapasar dari tempat mereka magang di Jakarta, Jumat (11/3/2022). Belanja daring yang menawarkan berbagai pilihan dan fasilitas bebas ongkos kirim diminati oleh kalangan anak muda.
KOMPAS/PRIYOMBODO

Michelle mahasiswi Universitas Ciputra Surabaya bersama rekannya Farrel memeriksa produk yang ditawarkan di berbagai platform lokapasar dari tempat mereka magang di Jakarta, Jumat (11/3/2022). Belanja daring yang menawarkan berbagai pilihan dan fasilitas bebas ongkos kirim diminati oleh kalangan anak muda.

Sambil bersungut-sungut, Achmad (41) melangkahkan kaki keluar dari sebuah pusat perbelanjaan di Kota Bekasi, Sabtu (14/10/2023). β€œWah harganya lebih murah kalau beli online (daring),” kata Achmad usai mendapati harga satu unit penyuara telinga nirkabel di sebuah gerai asesoris ponsel.

Produk serupa pada salah satu akun penjual di lokapasar, harganya lebih murah Rp 60 ribu atau hampir 50 persen dari harga jual di toko luring. Jika ia membeli penyuara telinga di salah satu lokapasar, dia juga mendapat insentif bebas ongkos kirim. Artinya, ia tidak perlu uang tambahan dan tinggal menunggu barang tiba di rumahnya.

Editor:
ANDY RIZA HIDAYAT
Bagikan