logo Kompas.id
β€Ί
Investigasiβ€ΊAdu Diskon Bebani Jasa Kurir
Iklan

Adu Diskon Bebani Jasa Kurir

Diskon oleh platform e-dagang berimbas ke pelaku usaha jasa kurir. Mereka harus keluarkan biaya operasional lebih besar.

Oleh
MEDIANA, FAJAR RAMADHAN, STEFANUS ATO, JOHANES GALUH BIMANTARA, HARRY SUSILO
Β· 1 menit baca
Kurir barang mengecek muatan di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2021). Persoalan upah yang layak bagi para kurir, keselamatan para kurir selama bekerja merupakan hal mutlak yang perlu diperhatikan, baik oleh perusahaan penyedia layanan maupun pemerintah.
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Kurir barang mengecek muatan di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2021). Persoalan upah yang layak bagi para kurir, keselamatan para kurir selama bekerja merupakan hal mutlak yang perlu diperhatikan, baik oleh perusahaan penyedia layanan maupun pemerintah.

JAKARTA, KOMPAS β€” Persaingan platform e-dagang di Indonesia untuk menguasai pasar dilakukan dengan memberikan promosi ke konsumen. Selama Oktober 2023, perang harga barang dan ongkos kirim yang murah terlihat untuk memikat konsumen agar tetap berbelanja daring.

Beberapa hari sebelum TikTok Shop ditutup 4 Oktober 2023, Tim Kompas mendaftarkan akun dan berbelanja di platform ini. Sejumlah produk muncul di bagian atas laman TikTok Shop. Tim membeli kotak makan siang yang ditawarkan Rp 100. Padahal, harga normalnya Rp 17.010 per buah.

Editor:
ANDY RIZA HIDAYAT
Bagikan