logo Kompas.id
β€Ί
Internasionalβ€ΊUnit 8200, Satuan Paling...
Iklan

Unit 8200, Satuan Paling Rahasia dalam Tubuh Militer Israel

Veteran Unit 8200 membuat berbagai perusahaan keamanan siber. Israel menguasai 10 persen pasar di tahun 2021.

Oleh
IWAN SANTOSA
Β· 0 menit baca
Seorang pria menenteng <i>walkie talkie</i> yang dicopot baterainya setelah terjadi teror ledakan kedua terhadap gawai elektronik di Lebanon, Rabu (18/9/2024). Berbagai perangkat elektronik milik Hezbollah diledakkan di ruang publik, mengakibatkan ribuan anggota Hezbollah dan masyarakat sipil menjadi korban.
AFP/ANWAR AMRO

Seorang pria menenteng walkie talkie yang dicopot baterainya setelah terjadi teror ledakan kedua terhadap gawai elektronik di Lebanon, Rabu (18/9/2024). Berbagai perangkat elektronik milik Hezbollah diledakkan di ruang publik, mengakibatkan ribuan anggota Hezbollah dan masyarakat sipil menjadi korban.

Serangkaian ledakan perangkat elektronik mengguncang Lebanon, Selasa-Rabu (17-18/9/2024). Lebih dari 20 orang tewas dan ribuan orang terluka, termasuk anak-anak. Pemerintah Lebanon dan Hezbollah di Lebanon langsung menuding Israel menjadi biang keladi teror tersebut.

Tudingan pun ditujukan kepada salah satu satuan paling rahasia, yakni Unit 8200 dalam Militer Israel (Tzahal). Unit 8200 dalam bahasa Ibrani dikenal sebagai Shmone Matayim. Unit itu setara dengan National Security Agency (NSA) Amerika Serikat atau GCHQ dalam organisasi militer Kerajaan Inggris.

Editor:
BONIFASIUS JOSIE SUSILO HARDIANTO
Bagikan