logo Kompas.id
Internasional”Thrifting”, antara Kesadaran ...
Iklan

”Thrifting”, antara Kesadaran Lingkungan dan Tekanan Kantong Gen Z

Semakin tua semakin tidak suka ”thrifting”. Ada alasan ekonomi dan lingkungan di balik pembelian baju bekas oleh gen Z.

Oleh
IRENE SARWINDANINGRUM
· 1 menit baca
Toko baju bekas di Kampala, Uganda, September 2023.
AP PHOTO/HAJARAH NALWADDA

Toko baju bekas di Kampala, Uganda, September 2023.

Dari Jepang sampai ke Amerika Serikat, pasar busana dan aksesori bekas terus naik. Raksasa busana seperti Zara dan H&M pun tergiur ikut bermain. Pola konsumsi generasi Z menjadi pendorong tren yang kini disebut thrifting tersebut.

Dilaporkan Reuters, Kamis (12/9/2024), Zara mengumumkan akan lebih serius masuk ke pasar busana bekas. Laman penjualan barang bekas Zara direncanakan mulai melayani konsumen Amerika Serikat pada akhir Oktober 2024.

Editor:
KRIS MADA
Bagikan