logo Kompas.id
β€Ί
Internasionalβ€ΊKecerdasan Buatan Segera...
Iklan

Kecerdasan Buatan Segera Kehabisan Naskah Buatan Manusia

Pengembangan AI menempatkan naskah buatan manusia sebagai sumber daya alam yang terbatas dan semakin langka.

Oleh
IRENE SARWINDANINGRUM
Β· 1 menit baca
Visual yang dihasilkan oleh Midjourney dengan memasukkan perintah <i>beautiful girl wearing casual dress reading the newspaper Kompas on the beach under a coconut tree with the headline AI in the visual world, realistic, beautiful scenery, 4K, mini table with coffe and bread, breakfast, sharp.</i>
MIDJOURNEY/KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Visual yang dihasilkan oleh Midjourney dengan memasukkan perintah beautiful girl wearing casual dress reading the newspaper Kompas on the beach under a coconut tree with the headline AI in the visual world, realistic, beautiful scenery, 4K, mini table with coffe and bread, breakfast, sharp.

Sistem kecerdasan buatan atau AI diprediksi segera kehabisan naskah manusia sebagai sumber pembelajaran pada 2026-2032. Hal ini karena proses pembelajaran sangat cepat, sementara jumlah naskah buatan manusia terbatas.

Kondisi ini diperkirakan berdampak pada melambatnya pengembangan kecerdasan sistem di masa mendatang. Temuan kelompok riset Epoch AI yang berbasis di San Jose, California, Amerika Serikat, itu dirilis pada Kamis (6/6/2024) waktu setempat.

Editor:
FRANSISCA ROMANA
Bagikan