logo Kompas.id
InternasionalForum Air Dunia, Jangan...
Iklan

Forum Air Dunia, Jangan Lupakan Palestina!

Sebuah ironi terjadi kala dunia berkumpul membicarakan air, ada negara yang akses airnya tertekan, yakni Palestina.

Oleh
M PASCHALIA JUDITH J
· 1 menit baca

Indonesia yang kerap bersuara memperjuangkan nasib Palestina di meja diplomasi mancanegara tengah menjadi tuan rumah World Water Forum atau Forum Air Dunia Ke-10. Apakah Indonesia cukup lihai memanfaatkan peluang itu untuk menggaungkan suara Palestina yang menderita krisis air?

Mobil putih berpelat ”PALESTINE Protocol” dengan logo Forum Air Dunia Ke-10 terpantau parkir di sisi jalan dekat lobi The Laguna Resort & Spa Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024). Resor itu berjarak 800 meter–1 kilometer dari Bali Nusa Dua Convention Center maupun Bali International Convention Center yang menjadi titik perhelatan Forum Air Dunia Ke-10 sepanjang 18-25 Mei 2024. Dengan menggunakan mobil, waktu tempuhnya sekitar 4 menit.

Direktur Informasi dan Media Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Hartyo Harkomoyo mengonfirmasi, Palestina diundang menghadiri pertemuan tingkat tinggi (high level meeting) dan pertemuan menteri-menteri (ministerial meeting) dalam Forum Air Dunia Ke-10. ”Palestina hadir di kedua pertemuan itu,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (23/5/2024).

Editor:
MARGARETHA PUTERI ROSALINA
Bagikan