logo Kompas.id
β€Ί
Internasionalβ€ΊTemuan Sedimen Perkuat Dugaan ...
Iklan

Temuan Sedimen Perkuat Dugaan Air Pendukung Kehidupan di Mars

Temuan sedimen di Mars memperkuat dugaan bahwa pernah ada permukaan air yang dapat mendukung kehidupan di planet merah.

Oleh
IRENE SARWINDANINGRUM
Β· 1 menit baca
Foto NASA yang diperoleh pada 25 Juli 2021 ini menunjukkan Helikopter Mars Ingenuity NASA (kanan) yang difoto penjelajah Mars Perseverance menggunakan Kamera Mastcam-Z Kiri, terdiri dari sepasang kamera yang terletak tinggi di tiang penjelajah.
AFP PHOTO/NASA/JPL-CALTECH/ASU/HANDOUT

LOS ANGELES, SABTU β€” Robot Penjelajah Perseverance milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil mengumpulkan data yang mengonfirmasi keberadaan sedimen danau kuno di Kawah Jerezo di Mars. Temuan ini dinilai penting karena memperkuat dugaan planet merah itu pernah memiliki permukaan air dan menampung kehidupan.

Temuan itu dihasilkan oleh pengamatan radar tembus tanah yang memperkuat citra orbital dan data sebelumnya. Hasil penelitian yang dipimpin tim dari Universitas California di Los Angeles (UCLA) dan Universitas Oslo tersebut dipublikasikan di jurnal Science Advances pada Jumat (26/1/2024) waktu setempat.

Editor:
FRANSISCA ROMANA