logo Kompas.id
β€Ί
Internasionalβ€ΊGerilyawan Pro-Ukraina...
Iklan

Gerilyawan Pro-Ukraina Dituding di Balik Aksi-aksi Sabotase dalam Perang

Sabotase dan gerilya menjadi salah satu metode perlawanan Ukraina terhadap Rusia sejak 2014. Pasukan Khusus AS mengembangkan manual metode perlawanan itu.

Oleh
KRIS MADA
Β· 1 menit baca
Tentara Ukraina menembakkan artileri <i>howitzer</i> ke arah posisi pasukan Rusia di dekat Bakhmut, lokasi pertempuran sengit saat ini, di wilayah Donetsk, Ukraina, Selasa (7/3/2023).
AP/LIBKOS

Tentara Ukraina menembakkan artileri howitzer ke arah posisi pasukan Rusia di dekat Bakhmut, lokasi pertempuran sengit saat ini, di wilayah Donetsk, Ukraina, Selasa (7/3/2023).

KYIV, RABU β€” Kelompok gerilyawan dan sabotase pro-Ukraina dituding menjadi pelaku aneka serangan terhadap Rusia dan asetnya. Amerika Serikat pernah mengakui melatih Ukraina menjalankan taktik gerilya dan sabotase.

Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengatakan, sekelompok milisi yang mempunyai keterkaitan dengan Ukraina menyerang pesawat Beriev A-50. Saat diserang pada 26 Februari 2023, pesawat milik Rusia itu berada di Pangkalan Udara Machulishchy di dekat Minsk, ibu kota Belarus. ”Lebih dari 20 orang sudah ditahan. Sisanya masih bersembunyi,” ujarnya pada Selasa (7/3/2023) siang waktu Minsk.

Editor:
MUHAMMAD SAMSUL HADI
Bagikan