logo Kompas.id
β€Ί
Internasionalβ€ΊSejumlah Negara Perketat...
Iklan

Sejumlah Negara Perketat Persyaratan Kedatangan Warga China

Sejumlah negara bersiap menerapkan persyaratan ketat terhadap tamu asing dari China. Para pebisnis menilai pelonggaran yang diambil Beijing menandakan normalisasi keadaan di China.

Oleh
MAHDI MUHAMMAD
Β· 1 menit baca
Seorang pekerja menggunakan pakaian pelindung menyemprotkan cairan disinfektan di salah satu sudut Bandara Baiyun, Guangzhou, China, 25 Desember 2022.
AP PHOTO/EMILY WANG FUJIYAMA

Seorang pekerja menggunakan pakaian pelindung menyemprotkan cairan disinfektan di salah satu sudut Bandara Baiyun, Guangzhou, China, 25 Desember 2022.

TOKYO, RABU β€” Pemerintah Jepang, Taiwan, Amerika Serikat, India hingga Filipina berencana memperketat persyaratan kedatangan warga China yang mulai menikmati pelonggaran protokol kesehatan, termasuk bepergian keluar negeri. Kebijakan Pemerintah China membatalkan karantina wajib bagi warganya, yang kembali dari perjalanan luar negeri, mendorong banyak orang China bergegas merencanakan perjalanan ke luar negeri.

India adalah negara pertama yang menyatakan akan mewajibkan tamu asing dari negara yang tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19 untuk melaporkan hasil tes PCR negatif. India tidak secara spesifik menyebut tamu asing dari China semata, tetapi tamu dari seluruh negara yang--dalam catatan Pemerintah India-- tengah dilanda kenaikan kasus Covid-19, seperti Jepang,, Korea Selatan, Thailand, atau wilayah Hong Kong.

Editor:
MUHAMMAD SAMSUL HADI
Bagikan