logo Kompas.id
InternasionalDi Tengah Persaingan AS-China,...
Iklan

Di Tengah Persaingan AS-China, Menjaga ”Pelanduk” Tak Mati di Tengah

Persaingan AS-China tidak akan meredup dalam waktu dekat, tapi sebaliknya akan terus memanas. Indonesia di satu sisi tetap menjaga relasi dengan keduanya, tapi juga harus mencari celah keuntungan ekonomi.

Oleh
MAHDI MUHAMMAD, LUKI AULIA dari BEIJING, CHINA
· 1 menit baca
Suasana pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/03/2022).
KOMPAS/EDDY HASBY

Suasana pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/03/2022).

Selama setahun terakhir, pabrikan otomotif China, Chery Automobile, mengenalkan kembali produk-produk mereka ke calon konsumen di Indonesia. Memajang produk unggulan di dua pameran otomotif, Indonesia International Motor Show (IIMS) dan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS), mereka menawarkan produk dengan platform baru yang lebih segar dan kekinian.

Di luar itu, PT Chery Motor Indonesia memiliki rencana lain. Manajemen Chery tidak sekadar ingin berjualan produk di Indonesia, tapi juga menjadi pemasok bagi pasar otomotif ASEAN, Australia, dan Selandia Baru. Presiden Direktur PT Chery Motor Indonesia Shawn Xu, ditemui di sela-sela pengumuman harga produk, Rabu (23/11/2022), di Jakarta, menyatakan, target mereka adalah menjadikan Indonesia basis produksi dan riset untuk pasar kendaraan setir kanan global.

Editor:
FRANSISCA ROMANA
Bagikan