logo Kompas.id
โ€บ
Internasionalโ€บBaru Terima 10 Persen Senjata ...
Iklan

Baru Terima 10 Persen Senjata NATO, Ukraina Sulit Imbangi Rusia

Selama empat bulan berperang, Ukraina masih mengandalkan cadangan senjata sendiri. Baru sebagian kecil senjata yang dijanjikan AS dan sekutunya tiba di Ukraina. Kyiv meminta kejelasan kerangka waktu pengiriman senjata.

Oleh
KRIS MADA DAN HARRY SUSILO DARI KYIV, UKRAINA
ยท 1 menit baca
Foto milik Korps Marinir AS yang diperoleh pada 27 April  2022 ini memperlihatkan Korps Marinir AS M777 menarik howitzer 155 mm ke dalam pesawat Angkatan Udara AS C-17 Globemaster III di Pangkalan March Air Reserve, California, AS, 23 April 2022.
AFP/US MARINE CORPS/SERSAN ROYCE H DORMAN

Foto milik Korps Marinir AS yang diperoleh pada 27 April 2022 ini memperlihatkan Korps Marinir AS M777 menarik howitzer 155 mm ke dalam pesawat Angkatan Udara AS C-17 Globemaster III di Pangkalan March Air Reserve, California, AS, 23 April 2022.

KYIV, KOMPAS โ€” Ukraina akhirnya mengakui baru menerima 10 persen dari keseluruhan senjata yang diminta ke Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO dan negara lain. Kondisi itu menyulitkan Ukraina menghadapi serangan Rusia di berbagai garis depan pertempuran.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Mailar mengatakan, cadangan senjata Ukraina masih menjadi andalan utama dalam perang empat bulan terakhir. โ€Rusia punya lebih banyak kekuatan dan pasukan. Karena itu, bagaimanapun usaha kami, bagaimanapun terlatihnya pasukan kami, sulit menang dalam pertempuran ini,โ€ ujarnya, Rabu (15/6/2022), di Kyiv.

Editor:
MUHAMMAD SAMSUL HADI, FRANSISCA ROMANA
Bagikan