Perusahaan-perusahaan Korsel Ikut Jalankan Diplomasi Lunak di ASEAN
Sejumlah perusahaan Korsel membagikan pengalaman dalam melaksanakan misi berkegiatan sosial di masyarakat Asia Tenggara. Budaya K-Pop yang telah menyebar di dunia ikut mempermudah pendekatan mereka pada warga setempat.
JAKARTA, KOMPAS — Di bawah kepemimpinan Presiden Moon Jae-in, Pemerintah Korea Selatan menoleh ke selatan melalui kebijakan New Southern Policy sejak tahun 2017. Sejak itu pula belasan ribu perusahaan Korsel membuka usaha mereka di kawasan Asia Tenggara. Selain mengembangkan kegiatan bisnisnya, melalui kegiatan-kegiatan tanggung jawab sosial, perusahaan-perusahaan itu mewujudkan diplomasi lunak Korsel.
Sejumlah perusahaan asal Korsel itu membagikan pengalaman mereka dalam melaksanakan misi berkegiatan sosial di tengah masyarakat Asia Tenggara dalam forum yang digelar secara virtual oleh Perwakilan Tetap Korea Selatan untuk ASEAN bekerja sama dengan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Kamis (7/10/2021). Dalam acara bertajuk Forum CSR (Corporate Social Responsibility) ASEAN-Korsel dengan tema ”Best practices of Korean companies in ASEAN Member States” itu, hadir perwakilan perusahaan Posco Indonesia, Coway Malaysia, Samsung Vietnam, dan Shinhang Bank perwakilan Yangon.