logo Kompas.id
โ€บ
Internasionalโ€บOperasional Bandara Kabul...
Iklan

Operasional Bandara Kabul Mulai Normal

Ratusan penumpang yang merupakan warga negara asing meninggalkan Kabul menggunakan penerbangan komersial Qatar Airways menuju Doha. Ini adalah penerbangan komersial pertama dari Kabul pasca-evakuasi pekan lalu.

Oleh
Mahdi Muhammad
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/ujkz2Wh72fEHWox4rjaGjc8fW9I=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F09%2F000_9MH8R3_1631237795.jpg
AFP/WAKIL KOHSAR

Penumpang memasuki bus yang akan mengantar mereka ke pesawat Qatar AIrways di Bandara Kabul, Kamis (9/9/2021), dalam penerbangan ke Doha, Qatar. Penerbangan komersial ini adalah yang pertama setelah proses evakuasi warga negara asing di Afghanistan berakhir pekan lalu.

KABUL, KOMPAS โ€” Diperkirakan 200 orang asing, termasuk warga Amerika Serikat, Kanada, Ukraina, Jerman, dan Inggris, bisa meninggalkan Afghanistan melalui Bandara Internasional Kabul, Kamis (9/9/2021). Menggunakan penerbangan komersial Qatar Airways, para penumpang diterbangkan ke Doha, Qatar, untuk bergabung dengan sejumlah warga asing lain di tempat evakuasi sementara sebelum kembali ke negara asalnya masing-masing.

Ini adalah keberangkatan skala besar pertama sejak Amerika Serikat dan sekutu menarik semua pasukannya dari Afghanistan sekaligus menandai upaya Taliban menormalisasi situasi di negara tersebut.  Menurut rencana, gelombang keberangkatan warga asing berikutnya akan berlangsung pada Jumat (10/9/).

Editor:
Fransisca Romana
Bagikan