logo Kompas.id
β€Ί
Internasionalβ€ΊKala Finlandia Berpacu...
Iklan

Kala Finlandia Berpacu Selamatkan Anjing Laut Saimaa

Anjing laut bercincin Danau Saimaa (Pusa hispida saimensis) terancam punah di habitat aslinya di Finlandia. Aneka upaya pelestarian berhadapan dengan kegiatan menangkap ikan yang berlebihan.

Oleh
BENNY D KOESTANTO
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/gwu6r7hiE3RRYYP-Go-u4SOEfzA=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F07%2F000_9CY484_1625644322.jpg
ALESSANDRO RAMPAZZO / AFP

Foto udara yang diambil pada 8 Juni 2021 memperlihatkan Danau Saimaa di Puumala, Finlandia.

HELSINKI, KAMIS β€” Perairan yang tenang dan sedingin es di Danau Saimaa, Finlandia, adalah anugerah bagi para nelayan dan wisatawan. Namun, kehadiran mereka juga mengancam salah satu anjing laut paling langka dan terancam punah di dunia. Ancaman itu semakin nyata di tengah fenomena pemanasan global.

Anjing laut yang dimaksud adalah anjing laut bercincin Saimaa (Pusa hispida saimensis). Ukurannya lebih besar daripada kerabat terdekatnya, anjing laut bercincin Ladoga dan anjing laut bercincin Baltik. Anjing laut bercincin Saimaa itu merupakan satu-satunya jenis anjing laut yang hidup di danau tersebut. Meskipun jumlahnya terdata bertambah dalam beberapa dekade terakhir, anjing laut bercincin Saimaa masih menghadapi ancaman kepunahan di tengah perubahan iklim dan kegiatan memancing besar-besaran.

Editor:
Fransisca Romana
Bagikan