Perang Jins Antargenerasi, Bukan Sekadar Soal Tren
Di balik ”perang” jins antara generasi milenial dan generasi Z, terungkap tentang makna cantik dan keren yang tidak lagi disetir tren. Ada kesadaran tentang tubuh yang tak lagi mempermasalahkan pakaian yang dikenakan.
Media sosial di negara-negara Barat, terutama Amerika Serikat, beberapa bulan terakhir ini sibuk ”berperang”. Akan tetapi, ”perang” ini bukan mengenai isu politik, melainkan soal tren celana denim. Ya, benar, model celana denim berkaki ketat atau terkenal dengan istilah skinny jeans melawan celana denim berpipa lebar dan berpinggang tinggi alias celana model emak-emak atau istilahnya moms jeans. Tampaknya memang remeh-temeh, tetapi ketika ditelisik lebih lanjut ada ideologi yang lebih mendalam daripada sekadar tren pasar.
”Perang” soal celana ini terjadi antara generasi langgas atau milenial kelahiran 1980-1996 dan Generasi Z kelahiran 1997 hingga pertengahan 2000. Perang unggahan saling menjelekkan model celana yang populer di setiap generasi bertebaran di media sosial, terutama Instagram, TikTok, dan Twitter.