logo Kompas.id
โ€บ
Internasionalโ€บBuletin Berbayar Jadi Ladang...
Iklan

Buletin Berbayar Jadi Ladang Pendapatan Baru Jurnalis

Sejumlah jurnalis di beberapa negara memproduksi tulisan melalui buletin berbayar. Platform ini menjadi salah satu ladang pendapatan baru bagi jurnalis di tengah kian besarnya keinginan konsumen untuk berlangganan media.

Oleh
Luki Aulia
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/UdQzbtym08WWB3N73DQIkMbk9GM=/1024x690/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F04%2FMideast-Clubhouse_95578607_1619709936.jpg
AP PHOTO/HUSSEIN MALLA

Diana Moukalled, jurnalis Lebanon, memantau media sosial aplikasi Clubhouse di kantornya di Beirut, Lebanon, 7 April 2021. Sejumlah jurnalis lepas di beberapa negara membuat tulisan dalam buletin berbayar, yang jumlahnya kini semakin banyak.

Jurnalis, penulis, dan podcaster isu-isu bisnis, budaya, dan teknologi asal Inggris, Anna Codrea-Rado, pada 2017 mulai membuat buletin mingguan Lance (semula bernama Penulis Lepas Profesional). Isinya lebih banyak menyinggung soal kehidupan dan cara kerja jurnalis dan penulis lepas berdasarkan pengalamannya sendiri.

Kini, pembaca atau audiens buletinnya yang dikirim melalui surat elektronik atau e-mail mencapai 2.500 orang. Melalui buletinnya, audiensnya bisa meminta saran langsung kepada Codrea-Rado.

Editor:
samsulhadi
Bagikan