Dorong Bisnis Perempuan Pengusaha dengan Teknologi Digital
Pandemi Covid-19 ini mengancam bisnis di seluruh dunia. Ketidakpahaman memahami dunia digital memperparah risiko usaha-usaha kecil yang banyak dijalankan oleh perempuan di Asia Tenggara.
Nguyen Thi Bich Ngoc (39), perempuan warga Vietnam, harus menjual kosmetik dari rumah ke rumah sejak suaminya kehilangan pekerjaan gara-gara pandemi Covid-19. Menjual kosmetik keliling, yang semula sambilan untuk sekadar membantu suami, kini menjadi sumber penghasilan utama untuk menghidupi diri, suami, dan kedua anaknya.
Namun, usaha Ngoc tak bisa berkembang cepat. Ia hanya bisa memanfaatkan media sosial Facebook sebagai lapak berjualan. Ngoc tidak sendirian. Jutaan perempuan yang memiliki usaha kecil di Vietnam juga belum memanfaatkan revolusi digital untuk kepentingan usahanya. Berbeda dengan perempuan pengusaha di kota-kota yang jauh lebih dulu lihai berdagang secara daring.