logo Kompas.id
β€Ί
Ilmu Pengetahuan & Teknologiβ€ΊRestorasi Ekosistem Alam...
Iklan

Restorasi Ekosistem Alam Selamatkan Spesies Kunci

Penguatan proteksi dan pengelolaan kawasan lindung serta ekosistem esensial terpadu perlu dilakukan untuk melindungi gajah, orang utan, harimau, dan badak. Keberadaan spesies-spesi kunci ini sangat memengaruhi ekosistem.

Oleh
PRADIPTA PANDU
Β· 1 menit baca
Para pawang atau <i>mahout</i> berpose dengan gajah-gajah di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (4/12/2021).
PANDU WIYOGA

Para pawang atau mahout berpose dengan gajah-gajah di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (4/12/2021).

JAKARTA, KOMPAS β€” Keberadaan spesies kunci, seperti gajah, orang utan, harimau, dan badak, kian terancam oleh beragam faktor. Padahal, spesies-spesies kunci ini sangat memengaruhi ekosistem. Salah satu upaya yang mendesak dilakukan ialah melakukan proteksi dan pengelolaan kawasan lindung serta ekosistem esensial terpadu.

Anggota Kelompok Kerja (Pokja) Kebijakan Konservasi Jeri Imansyah mengemukakan, terdapat dua faktor utama, yakni secara langsung dan tidak langsung yang menjadi tantangan konservasi gajah, orang utan, harimau, serta badak sebagai spesies kunci.

Editor:
ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Bagikan