logo Kompas.id
β€Ί
Ilmu Pengetahuan & Teknologiβ€ΊKomunikasi Periset dan...
Iklan

Komunikasi Periset dan Industri Perlu Diperkuat

Kerja sama antara periset, industri, dan pemerintah perlu diperkuat untuk melahirkan inovasi teknologi yang dibutuhkan masyarakat. Itu bisa dicapai apabila terbentuk komunikasi yang baik.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/CGrhII2S21D8XZ-c2zdFgKy-Tf8=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F08%2F160b52d8-bbbe-41c0-a703-ef8c3d58213d_jpg.jpg
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Hasil inovasi teknologi pelengkungan kayu yang dikembangkan LIPI dan diterapkan menjadi kerangka sepeda dipamerkan dalam Perayaan HUT ke-53 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS β€” Hilirisasi hasil riset dan inovasi bisa terwujud apabila ada kerjasama yang baik antara periset, industri, dan pemerintah. Kendala komunikasi yang terjadi di antara ketiganya selama ini perlu segera diatasi. Itu penting agar lebih banyak inovasi dalam negeri yang bisa dihasilkan.

Pelaksana Tugas Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Mego Pinandito mengatakan, pertemuan antara inventor dan investor amat penting dalam proses hilirisasi riset dan inovasi. Tanpa ada interaksi dari keduanya, ide ataupun hasil riset dari inventor tidak dapat menjadi produk jadi jika tidak didukung oleh investor.

Editor:
Adhitya Ramadhan
Bagikan