logo Kompas.id
β€Ί
Ilmu Pengetahuan & Teknologiβ€ΊDisrupsi Pelayanan Kesehatan...
Iklan

Disrupsi Pelayanan Kesehatan Kian Cepat Pascapandemi

Pandemi Covid-19 telah mempercepat transformasi teknologi di bidang kesehatan. Dengan pemanfaatan teknologi yang tepat, pelayanan kesehatan di masyarakat bisa semakin baik.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/M-SsLlqoqfY8uO_Y_beqTAegAtw=/1024x655/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F2019%2F08%2Fde%2F2f5%2F20190827jum-bidan_banjarbaru_memanfaatkan_aplikasi_bidan_online_3JPG%2F20190827jum-bidan_banjarbaru_memanfaatkan_aplikasi_bidan_online_3SILO.jpg
KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Bidan Erly Marlina membuka aplikasi bidan sehati melalui komputer tablet di tempat praktiknya di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Senin (26/8/2019) petang. Sejak tahun lalu, Erly menggunakan aplikasi tersebut dan beberapa aplikasi lain untuk menunjang pelayanan kepada pasien. Berkat pemanfaatan teknologi internet, pelayanan kesehatan menjadi lebih praktis.

JAKARTA, KOMPAS β€” Perubahan perilaku masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan semakin cepat seiring dengan pandemi Covid-19. Transformasi digital di bidang kesehatan pun mutlak dibutuhkan. Seluruh pihak terkait diharapkan bisa menyiapkan hal ini secara optimal.

Joe Caputo, pendiri Vista Health yang juga President International Society for Pharmacoeconomics and Outcomes Research (ISPOR) Singapore Chapter,  mengatakan, pandemi Covid-19 telah mengubah pola pelayanan kesehatan di masyarakat, mulai dari layanan terkait pencegahan, deteksi, dan perawatan. Perubahan ini membentuk kebiasaan baru di masyarakat.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan