logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiDana Rp 3 Triliun untuk...
Iklan

Dana Rp 3 Triliun untuk Perlindungan Hutan Tropis

Pemerintah Inggris berkomitmen mengucurkan dana Rp 3 triliun untuk melindungi hutan hujan tropis di berbagai negara, termasuk Indonesia. Pendanaan itu sekaligus untuk memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar hutan.

Oleh
Ahmad Arif
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/4GPLlaSglJprhrDYvwr-n_enolk=/1024x655/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F05%2FIMG_9535.jpg
Kompas/Ahmad Arif

Cagar Alam Pegunungan Arfak yang membentang 68.325 hektar merupakan benteng keragaman hayati di Papua. Selama ini riset dasar terkait keragaman hayati okeh peneliti dalam negeri masih terbatas. (Kompas/Ahmad Arif)

JAKARTA, KOMPAS—Pemerintah Inggris meluncurkan pendanaan baru senilai Rp 3 triliun untuk mendukung penggunaan lahan berkelanjutan dan perlindungan hutan hujan tropis di dunia, termasuk di Indonesia. Pendanaan ini akan dilakukan melalui investasi pada proyek-proyek ramah lingkungan seperti pemulihan kerusakan hutan dan pengembangan diversifikasi pangan.

“ Indonesia menjadi kandidat utama yang dapat memperoleh pendanaan ini. Saya berharap inisiatif ini mendukung pekerjaan besar di Indonesia yakni memperluas peluang ekonomi bagi masyarakat yang tinggal di dalam atau sekitar kawasan hutan, sambil membantu kelompok masyarakat itu mengelola hutan secara berkelanjutan,” kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins, melalui keterangan tertulis, Rabu (17/3/2021).

Editor:
evyrachmawati
Bagikan