logo Kompas.id
β€Ί
Ilmu Pengetahuan & Teknologiβ€ΊDeforestasi Terus Terjadi,...
Iklan

Deforestasi Terus Terjadi, Indonesia Diingatkan Akan Ancaman Zoonosis dan Krisis Iklim

Deforestasi di Indonesia masih terus terjadi. Jika hutan dieksploitasi terus-menerus, kita sebenarnya sedang menuai bencana seperti wabah penyakit zoonosis dan krisis iklim.

Oleh
ICHWAN SUSANTO
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/g5yeeUQ9RQqVOrv6CX8fDBikmto=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F05%2F10.Tutupan-Hutan.jpg
Kompas/ Zulkarnaini

Tutupan hutan di Kawasan Ekosistem Leuser di daerah Ketambe, Aceh Tenggara, masih alami.

JAKARTA, KOMPAS β€” Meski angka deforestasi atau hilangnya tutupan pohon Indonesia diklaim sudah stabil, tetapi luasannya dinilai masih terlalu tinggi. Laju deforestasi merupakan salah satu penyebab penyakit zoonosis, seperti Covid-19 yang kini menjadi permasalahan serius Indonesia dan hampir seluruh negara di dunia.

Indonesia diingatkan untuk benar-benar melindungi hutan-hutan alam tersisa serta memulihkan hutan-hutan sekunder yang telah terdegradasi. Ini bisa dilakukan bila kebijakan ekonomi tak lagi ditekankan pada investasi skala besar, eksploitatif dan rakus lahan, tetapi diperkuat dan diperluas pada pengelolaan masyarakat terhadap hutan di sekitarnya.

Editor:
Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan