logo Kompas.id
β€Ί
Ilmu Pengetahuan & Teknologiβ€ΊFokus Ke Jawa, Pemerintah Agar...
Iklan

Fokus Ke Jawa, Pemerintah Agar Manfaatkan Desa

Pemerintah memfokuskan perhutanan sosial di wilayah Pulau Jawa. Pada areal hutan produksi yang dikuasai negara tersebut ditargetkan terdapat 326.000 izin pemanfaatan hutan perhutanan sosial.

Oleh
ICHWAN SUSANTO
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/cPbDAWvFSckwN_kDNZhX8bLw5TE=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F06%2F20190629RAM-Perhutanan-Sosial-IISILO.jpg
KOMPAS/RHAMA PURNA JATI

Seorang petani karet sedang berjalan di hamparan lahan karet di Desa Lubuk Seberuk, Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu (29/6/2019). Desa ini merupakan satu dari 104 kawasan yang mendapatkan izin perhutanan sosial dari pemerintah. Keberadaan perhutanan sosial diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang tinggal di kawasan hutan.

JAKARTA, KOMPAS – Pada tahun 2020  pemerintah memfokuskan perhutanan sosial pada wilayah Jawa yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Pada areal hutan produksi yang dikuasai negara tersebut ditargetkan terdapat 326.000 izin pemanfaatan hutan perhutanan sosial.

Meski luasan relatif kecil dibandingkan pulau-pulau lain, target pemberian akses perhutanan sosial ini dinilai strategis. Hal itu disebabkan tingginya kepadatan penduduk, banyak warga miskin di sekitar kawasan hutan, serta mendukung upaya rehabilitasi hutan untuk mitigasi bencana hidrometeorologi.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan