logo Kompas.id
β€Ί
Ilmiah Populerβ€ΊPemberian Antibiotik pada Bayi...
Iklan

Pemberian Antibiotik pada Bayi Baru Lahir Turunkan Mikroba Baik

Pemberian antibiotik yang tidak tepat berpotensi menurunkan bakteri baik dan memicu resistensi antibiotik yang berbahaya.

Oleh
AHMAD ARIF
Β· 1 menit baca
Perawat mengontrol bayi yang baru lahir di ruang bayi Rumah Sakit Ibu dan Anak Tambak, Jakarta, Senin (20/4/2020). Baik bayi maupun perawat mengenakan pelindung wajah. Kebijakan internal pemasangan pelindung wajah pada bayi yang baru lahir ini dilakukan untuk meminimalkan bayi terpapar virus korona baru melalui <i>droplet</i>.
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO (TOK)

Perawat mengontrol bayi yang baru lahir di ruang bayi Rumah Sakit Ibu dan Anak Tambak, Jakarta, Senin (20/4/2020). Baik bayi maupun perawat mengenakan pelindung wajah. Kebijakan internal pemasangan pelindung wajah pada bayi yang baru lahir ini dilakukan untuk meminimalkan bayi terpapar virus korona baru melalui droplet.

JAKARTA, KOMPAS β€” Mengobati bayi dengan antibiotik pada minggu pertama setelah kelahiran dikaitkan dengan penurunan bakteri baik di dalam usus. Padahal, sebagian bakteri baik ini diperlukan bayi, antara lain, untuk mencerna susu dan melawan bakteri jahat yang bisa memicu sejumlah penyakit.

Demikian hasil kajian para peneliti dari Universitas Edinburgh dan Birmingham, Rumah Sakit Spaarne, dan Pusat Medis Universitas Utrecht, Belanda, yang dipublikasi di jurnal Nature Communication, Rabu (16/2/2022).

Editor:
EVY RACHMAWATI, ADHITYA RAMADHAN
Bagikan