logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊGenerasi Ketiga Teknologi Sel ...
Iklan

Generasi Ketiga Teknologi Sel Surya

Teknologi sel surya generasi ketiga dapat menjadi solusi untuk penyediaan energi terbarukan yang lebih efisien.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
Β· 1 menit baca
Operator memeriksa kondisi modul sel surya di Pembangkit Listrik Tenaga Surya Gili Trawangan Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat,  10 Agustus 2023. Posisinya yang dekat dengan pesisir laut membuat modul di PLTS tersebut rentan mengalami kerusakan seperti korosi.
KOMPAS/ISMAIL ZAKARIA

Operator memeriksa kondisi modul sel surya di Pembangkit Listrik Tenaga Surya Gili Trawangan Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, 10 Agustus 2023. Posisinya yang dekat dengan pesisir laut membuat modul di PLTS tersebut rentan mengalami kerusakan seperti korosi.

Pemanfaatan energi terbarukan mutlak dilakukan untuk mengurangi ketergantungan pada penggunaan energi fosil yang kotor. Potensi yang dimiliki oleh Indonesia akan sumber energi terbarukan pun sangat besar, mulai dari matahari, angin, panas bumi, arus laut ombak, sampai bioenergi.

Data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunjukkan, potensi energi terbarukan Indonesia mencapai 3.600 gigawatt (GW). Dari jumlah itu, energi surya yang paling mendominasi dari potensi energi lainnya. Potensi energi surya mencapai 3.295 GW. Itu jauh dibandingkan dengan potensi energi lain, seperti angin 155 gigawatt, air (hidro) sebesar 95 gigawatt, dan arus laut 69 GW.

Editor:
EVY RACHMAWATI
Bagikan