Anak-anak Tidak Boleh Terkendala Bersekolah
Keberpihakan untuk memastikan hak atas pendidikan bagi anak-anak kelompok marjinal butuh komitmen bersama.
JAKARTA, KOMPAS β Layanan pendidikan formal ataupun nonformal harus dapat dirasakan masyarakat bagaimanapun kondisinya. Kolaborasi pemerintah pusat dan daerah hingga masyarakat dibutuhkan untuk menjangkau semua anak, terutama dari keluarga marjinal, agar mereka dapat mengakses pendidikan untuk meningkatkan kesejahteraan di masa depan.
Pelaksana Tugas Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Aswin Wihdiyanto di Jakarta, Rabu (24/7/2024), mengatakan, pemerintah serius untuk memastikan anak-anak bangsa mendapatkan layanan pendidikan. Pendataan anak tidak sekolah, baik yang putus sekolah atau drop out di jenjangnya maupun lulus tidak melanjutkan ke jenjang di atasnya, dilakukan berikut dengan skema penuntasannya. Skema penuntasan ini dilakukan melalui berbagai jalur, baik pendidikan formal maupun nonformal.