logo Kompas.id
Humaniora”PeriXa Batin”, Aplikasi...
Iklan

”PeriXa Batin”, Aplikasi Swahipnosis untuk Mengelola Stres

Aplikasi PeriXa Batin dikembangkan untuk membantu mengelola stres, depresi, dan kecemasan, terutama pada anak muda.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 1 menit baca
Seorang pelajar (tengah) tiba di tempat ujian <i>suneung </i>berlangsung di Seoul, Korea Selatan, Kamis (18/11/2021). Mengutip AFP, tekanan besar pada siswa dalam sistem pendidikan ultrakompetitif Korsel kerap dituding sebagai biang depresi remaja, dan tingkat bunuh diri yang termasuk tertinggi di dunia.
AFP/ANTHONY WALLACE

Seorang pelajar (tengah) tiba di tempat ujian suneung berlangsung di Seoul, Korea Selatan, Kamis (18/11/2021). Mengutip AFP, tekanan besar pada siswa dalam sistem pendidikan ultrakompetitif Korsel kerap dituding sebagai biang depresi remaja, dan tingkat bunuh diri yang termasuk tertinggi di dunia.

Angka kejadian anak muda yang mengalami stres, depresi, dan kecemasan cukup tinggi. Data Survei Kesehatan Indonesia 2023 menunjukkan, prevalensi depresi paling tinggi pada penduduk berusia di atas 15 tahun di Indonesia ditemukan pada kelompok usia 15-24 tahun, yakni sebesar 2 persen.

Hal ini patut menjadi perhatian karena depresi bisa memicu seseorang mengakhiri hidupnya. Pemikiran untuk mengakhiri hidup pada orang dengan depresi lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan orang tanpa depresi. Itu terlihat dari data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023. Dari angka anak muda dengan depresi, 61 persen memiliki pemikiran untuk mengakhiri hidup dalam satu bulan terakhir.

Editor:
EVY RACHMAWATI
Bagikan