logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊMenyelami Makna Menjadi...
Iklan

Menyelami Makna Menjadi Perguruan Tinggi Top Dunia

Indonesia terus berupaya menambah jumlah perguruan tinggi yang masuk dalam peringkat 500 besar dunia.

Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
Β· 1 menit baca
Suasana bedah buku bertajuk <i>Kepemimpinan Menuju Universitas Berkelas Dunia</i> di Tangerang, Banten, Kamis (9/6/2023). Buku yang disiapkan Majelis Excellence Dewan Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek ini membagikan pengalaman dan praktik kepemimpinan yang efektif untuk menuju universitas berkelas dunia.
KOMPAS/ESTER LINCE NAPITUPULU

Suasana bedah buku bertajuk Kepemimpinan Menuju Universitas Berkelas Dunia di Tangerang, Banten, Kamis (9/6/2023). Buku yang disiapkan Majelis Excellence Dewan Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek ini membagikan pengalaman dan praktik kepemimpinan yang efektif untuk menuju universitas berkelas dunia.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam rencana strategis 2020-2024 menargetkan lima perguruan tinggi Indonesia masuk dalam peringkat 500 besar dunia. Target itu dicapai lebih cepat saat lima perguruan tinggi negeri masuk dalam pemeringkatan dunia Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2023.

Pada QS WUR 2025, perguruan tinggi tersebut juga masih mendominasi. Kelima perguruan tinggi itu ialah Universitas Indonesia (peringkat ke-206), Universitas Gadjah Mada (239), Institut Teknologi Bandung (256), Universitas Airlangga (308), dan IPB University (426).

Editor:
ADHITYA RAMADHAN
Bagikan