logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊIndonesia Memasuki Kemarau,...
Iklan

Indonesia Memasuki Kemarau, Sejumlah Daerah Mengalami Banjir

Sebagian wilayah Indonesia, terutama di selatan khatulistiwa, memasuki kemarau dan diminta mewaspadai kekeringan.

Oleh
AHMAD ARIF
Β· 1 menit baca
Warga berjalan melintasi aliran Sungai Lowo Lo’o di Desa Bhera, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Selasa (14/5/2024).
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Warga berjalan melintasi aliran Sungai Lowo Lo’o di Desa Bhera, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Selasa (14/5/2024).

JAKARTA, KOMPAS β€” Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan, sebagian wilayah Indonesia, terutama yang berada di bagian selatan khatulistiwa, telah memasuki kemarau dan berpotensi mengalami kekeringan serta kebakaran hutan. Sekalipun demikian, sebagian wilayah saat ini masih mengalami hujan lebat dan siklon tropis juga muncul di dekat wilayah Indonesia.

Kepala Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dalam keterangan pers, Selasa (28/5/2024), mengatakan, mayoritas wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara sudah mengalami hari tanpa hujan sepanjang 21-30 hari atau lebih panjang. Selain itu, berdasarkan analisis curah hujan dan sifat hujan, kondisi kering sudah mulai memasuki wilayah Indonesia, khususnya di bagian selatan khatulistiwa.

Editor:
ADHITYA RAMADHAN
Bagikan