logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊKematangan Emosi Guru Kunci...
Iklan

Kematangan Emosi Guru Kunci Menghadapi Tingkah Unik Pelajar

Pada dasarnya tak ada murid yang nakal. Seorang guru harus mampu mengelola emosi agar paham tahapan perkembangan anak.

Oleh
STEPHANUS ARANDITIO
Β· 1 menit baca
Relawan Lingkar Pemberdayaan Perempuan dan Anak menyelenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini Keberagaman di kompleks Air Besar, Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, seperti pada Selasa (8/11/2016).
KOMPAS/FRANSISKUS PATI HERIN

Relawan Lingkar Pemberdayaan Perempuan dan Anak menyelenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini Keberagaman di kompleks Air Besar, Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, seperti pada Selasa (8/11/2016).

Usia dini merupakan fase seorang anak memiliki rasa ingin tahu tinggi yang sering kali diekspresikan dengan berbagai tingkah laku uniknya. Seorang guru harus mampu mengelola emosinya agar memahami tahapan perkembangan anak. Sebab, pada dasarnya tidak ada anak yang nakal.

Bagi pendidik anak usia dini, mengenal ragam karakter setiap peserta didiknya adalah sebuah keharusan. Hal ini tentunya dibutuhkan guna membuat suasana belajar yang senantiasa menyenangkan bagi anak. Alhasil, pendidik harus dapat mengelola emosinya secara tepat guna menghadapi para peserta didiknya.

Editor:
ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Bagikan