logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊMenghidupkan Museum dan Cagar ...
Iklan

Menghidupkan Museum dan Cagar Budaya

Pembentukan Indonesian Heritage Agency menciptakan peluang sekaligus tantangan mentransformasi museum dan cagar budaya.

Oleh
TATANG MULYANA SINAGA
Β· 0 menit baca
Atraksi <i>video mapping</i> menyemarakkan acara peluncuran Indonesian Heritage Agency yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Kamis (16/5/2024) malam. Indonesian Heritage Agency merupakan badan layanan umum yang mengelola 18 museum dan 34 cagar budaya di Tanah Air.
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Atraksi video mapping menyemarakkan acara peluncuran Indonesian Heritage Agency yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Kamis (16/5/2024) malam. Indonesian Heritage Agency merupakan badan layanan umum yang mengelola 18 museum dan 34 cagar budaya di Tanah Air.

Tanpa pengembangan berarti, museum dan cagar budaya di Indonesia terancam mati suri. Kekayaan nilai budaya dan sejarah yang tersimpan di dalamnya pun mengendap di ruang-ruang sepi.

Tembok sisi barat Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, bermandikan cahaya, Kamis (16/5/2024) malam. Sajian video mapping (pemetaan video) mengubah tembok sepanjang lebih dari 90 meter itu menjadi lembaran sejarah yang menyuguhkan perjalanan bangunan museum dari masa ke masa.

Editor:
ADHITYA RAMADHAN
Bagikan