logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊTak Ada Lebah, Tak Ada...
Iklan

Tak Ada Lebah, Tak Ada Produksi Pertanian

Upaya sederhana yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan kehidupan lebah adalah dengan menanam bunga di pekarangan.

Oleh
PRADIPTA PANDU
Β· 1 menit baca
Pekerja menunjukkan lebah ratu jenis <i>Apis melifera</i> di kawasan hutan Desa Gunungsari, Wonosegoro, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (11/2/2019). Meski selama musim hujan produksi madu dari lebah tersebut turun drastis, perawatan terus dilakukan untuk menjaga keberlangsungan hidup binatang tersebut.
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Pekerja menunjukkan lebah ratu jenis Apis melifera di kawasan hutan Desa Gunungsari, Wonosegoro, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (11/2/2019). Meski selama musim hujan produksi madu dari lebah tersebut turun drastis, perawatan terus dilakukan untuk menjaga keberlangsungan hidup binatang tersebut.

JAKARTA, KOMPAS β€” Spesies lebah tengah mengalami ancaman penurunan populasi karena perubahan penggunaan lahan dan penggunaan pestisida secara berlebihan. Sejumlah upaya sederhana yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan kehidupan lebah adalah dengan menanam bunga di pekarangan dan menerapkan praktik pengendalian hama terpadu.

Guru Besar Departemen Perlindungan Tanaman yang juga Kepala Pusat Ilmu Transdisiplin dan Keberlanjutan (CTSS) IPB University Damayanti Buchori mengemukakan, terdapat sekitar 20.000 spesies lebah di dunia. Indonesia sendiri memiliki tujuh spesies lebah madu dan satu spesies lebah eropa, serta 46 spesies lebah tak bersengat.

Editor:
ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Bagikan