logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊAlgoritma Media Sosial Jadi...
Iklan

Algoritma Media Sosial Jadi Strategi Pemasaran Rokok, Anak-anak Lebih Rentan

Perusahaan rokok dan rokok elektronik telah memanfaatkan algoritma media sosial sebagai strategi pemasaran mereka.

Oleh
AHMAD ARIF
Β· 1 menit baca
Sejumlah barang bukti cairan <i>liquid vape </i>hasil penindakan barang kena cukai dirilis di Kantor Ditjen Bea Cukai, Rawamangun, Jakarta, Jumat (25/10/2019).
RIZA FATHONI

Sejumlah barang bukti cairan liquid vape hasil penindakan barang kena cukai dirilis di Kantor Ditjen Bea Cukai, Rawamangun, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS β€” Perusahaan rokok dan rokok elektronik telah memanfaatkan algoritma media sosial sebagai strategi pemasaran mereka. Hal ini menyebabkan anak-anak dan remaja rentan terpapar produk mereka. Riset terbaru menunjukkan, semakin banyak waktu yang dihabiskan di media sosial, semakin besar kemungkinan anak-anak dan remaja merokok dan atau menggunakan rokok elektronik.

Temuan ini dipublikasikan di jurnal pernapasanThorax, bagian dari The BMJ untuk edisi Juni 2024 dan bisa diakses daring pada Jumat (17/5/2024). Nicholas S Hopkinson dari Imperial College London menjadi penulis pertama kajian ini.

Editor:
ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Bagikan