Aspirasi Pembaca Hari Ini
Menarik untuk diperhatikan, apakah surat pembaca memikat orang muda pembaca ”Kompas” untuk turut berkomentar dalam Surat kepada Redaksi.
Jika melihat sejarah kelahiran media komunikasi di sekitar kita, surat kabar adalah salah satu media yang paling kurang interaktif dibandingkan, misalnya, dengan radio atau media online. Televisi juga sulit membuka ruang interaktif dengan konsumennya. Surat kabar masih memiliki ruang interaktif atau komunikasi dua arah, tetapi hal ini membutuhkan waktu lama, dan itu pun diseleksi terlebih dahulu oleh redaksi. Inilah ide dasar di balik pembentukan rubrik Surat Pembaca di Kompas.
Pembaca media hari ini, atau bisa disebut konsumen media, memiliki aspirasi yang hendak disampaikan. Surat Pembaca, Redaksi Yth, dan Surat kepada Redaksi adalah nama-nama rubrik yang selama ini ada di Kompas dan menampung surat-surat dari pembaca. Lima belas tahun lalu surat di rubrik ini lebih banyak berisikan keluhan konsumen akan hal-hal tidak mengenakkan yang mereka alami: kartu ATM tertelan mesin, bagasi tertinggal di sebuah penerbangan, dan berbagai keluhan lainnya.