logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊJalan Penguatan Aksi Perubahan...
Iklan

Jalan Penguatan Aksi Perubahan Iklim Setelah Forum AIS

Konferensi Tingkat Tinggi Forum Negara-negara Kepulauan dan Pulau atau KTT AIS 10-11 Oktober 2023 di Bali sepakat untuk memperkuat solidaritas serta kerja sama mengatasi dampak perubahan iklim.

Oleh
PRADIPTA PANDU
Β· 1 menit baca
Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Forum Negara-negara Kepulauan dan Pulau (Archipelagic and Island States/AIS) 2023 yang berlangsung di Nusa Dua, Badung, Bali,  dan dibuka Presiden Joko Widodo, Rabu (11/10/2023). Presiden Joko Widodo mengajak semua negara di dunia, terutama negara kepulauan dan negara-negara pulau atau negara maritim, untuk bekerja sama dan berkolaborasi menghadapi beragam tantangan terkait pengelolaan laut.
KOMPAS/COKORDA YUDISTIRA

Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Forum Negara-negara Kepulauan dan Pulau (Archipelagic and Island States/AIS) 2023 yang berlangsung di Nusa Dua, Badung, Bali, dan dibuka Presiden Joko Widodo, Rabu (11/10/2023). Presiden Joko Widodo mengajak semua negara di dunia, terutama negara kepulauan dan negara-negara pulau atau negara maritim, untuk bekerja sama dan berkolaborasi menghadapi beragam tantangan terkait pengelolaan laut.

Konferensi Tingkat Tinggi Forum Negara-negara Kepulauan dan Pulau (Archipelagic and Island States/AIS) telah diselenggarakan di Bali pada 10-11 Oktober 2023. Semua pihak kini menanti penguatan aksi dalam menghadapi perubahan iklim dari negara-negara kepulauan ini sesuai dengan deklarasi yang telah disepakati forum tersebut.

Selama dua hari penyelenggaraan KTT Forum AIS, sebanyak 32 anggota yang hadir sepakat untuk memperkuat solidaritas serta kerja sama mengatasi dampak perubahan iklim. Forum tersebut juga menghasilkan deklarasi sekaligus komitmen kerja sama pada empat bidang.

Editor:
ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Bagikan