logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊRumah dari Limbah Popok Bayi...
Iklan

Rumah dari Limbah Popok Bayi Temuan Peneliti Indonesia di Jepang

Peneliti Indonesia berhasil membangun rumah beton yang menggunakan campuran limbah popok bayi. Temuan ini menjadi alternatif mengatasi limbah popok yang mencemari lingkungan.

Oleh
AHMAD ARIF
Β· 1 menit baca
Prototipe rumah popok di Indonesia dibangun dengan beton yang terbuat dari campuran semen, pasir, kerikil, dan limbah popok bayi.
MUHAMMAD ARIEF IRFAN DALAM NATURE (2023)

Prototipe rumah popok di Indonesia dibangun dengan beton yang terbuat dari campuran semen, pasir, kerikil, dan limbah popok bayi.

JAKARTA, KOMPAS β€” Peneliti asal Indonesia yang tengah studi doktoral di Universitas Kitakyushu di Jepang berhasil membangun rumah contoh dari popok bayi untuk campuran pembuatan beton. Popok bayi bisa menggantikan 9-40 persen pasir dalam pembuatan beton. Temuan ini menjadi alternatif solusi mengatasi limbah popok yang selama ini sulit didaur ulang.

Temuan ini dipublikasikan insinyur sipil di Universitas Kitakyushu, Siswanti Zuraida, di Scientific Report, bagian dari jurnal Nature pada 18 Mei 2023. Turut menulis dalam paper ini adalah peneliti lain dari Universitas Kitakyushu, yaitu Bart Dewancker dari Department of Architecture dan Romi Bramantyo Margono dari School of Environmental Engineering.

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan