logo Kompas.id
HumanioraMendikbudristek Nadiem Makarim...
Iklan

Mendikbudristek Nadiem Makarim Luncurkan ”Matching Fund” Dukung Film Indonesia

Pemerintah Indonesia berkomitmen memberikan insentif kepada para pelaku film yang berhasil memproduksi film ko-produksi kelas internasional.

Oleh
MARIA SUSY BERINDRA
· 1 menit baca
Peluncuran perdana film <i>Tiger Stripes</i> yang merupakan ko-produksi delapan negara, di Miramar Theatre, Cannes, Rabu (18/5/2023). Film ini masuk nominasi Semaine de la Critique Cannes 2023.
KOMPAS/SUSIE BERINDRA

Peluncuran perdana film Tiger Stripes yang merupakan ko-produksi delapan negara, di Miramar Theatre, Cannes, Rabu (18/5/2023). Film ini masuk nominasi Semaine de la Critique Cannes 2023.

CANNES, KOMPAS — Dua film Indonesia, Tiger Stripes dan Basri & Salma A Never-ending Comedy masuk sebagai nomine di Festival Film Cannes. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim mendorong lebih banyak lagi film Indonesia bisa bersaing di kancah internasional. Pemerintah Indonesia mendukung para pelaku film yang melakukan ko-produksi internasional dengan negara lain dengan memberikan dukungan dana dalam program matching fund.

Hal itu disampaikan Nadiem di acara Indonesia Cinema Night, yang berlangsung di Cannes, Perancis, Rabu (17/5/2023). Sebelumnya, Nadiem bersama delegasi Indonesia menonton peluncuran perdana (world premiere)film Tiger Stripes yang masuk sebagai nomine film panjang di Semaine de la Critique Cannes 2023.

Editor:
BUDI SUWARNA, ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Bagikan