logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊBiak Siap Menyambut Gerhana...
Iklan

Biak Siap Menyambut Gerhana Matahari Total 20 April 2023

Kamis, 20 April 2023, masyarakat Biak bisa menyaksikan gerhana matahari total. Jangan lewatkan kesempatan langka ini dengan mengamati gerhana matahari secara aman dan rasakan sensasinya.

Oleh
MUCHAMAD ZAID WAHYUDI
Β· 1 menit baca
Tim peneliti dan perekayasa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk pengamatan gerhana matahari total di Gedung Fasilitas Stasiun Bumi, Biak Numfor, Papua, Rabu (19/4/2023). Selain pengamatan gerhana matahari total yang berlangsung pada Kamis (20/4/2023), juga akan dilakukan sejumlah penelitian pada saat gerhana berlangsung. Penelitian tersebut meliputi studi lapisan paling atas matahari atau korona, studi ionosfer atau lapisan atas atmosfer bumi yang terdampak langsung dari radiasi matahari saat berlangsung gerhana, perubahan kecerlangan langit saat fase totalitas gerhana berlangsung, serta melakukan <i>video streaming</i> selama proses gerhana berlangsung.
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Tim peneliti dan perekayasa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk pengamatan gerhana matahari total di Gedung Fasilitas Stasiun Bumi, Biak Numfor, Papua, Rabu (19/4/2023). Selain pengamatan gerhana matahari total yang berlangsung pada Kamis (20/4/2023), juga akan dilakukan sejumlah penelitian pada saat gerhana berlangsung. Penelitian tersebut meliputi studi lapisan paling atas matahari atau korona, studi ionosfer atau lapisan atas atmosfer bumi yang terdampak langsung dari radiasi matahari saat berlangsung gerhana, perubahan kecerlangan langit saat fase totalitas gerhana berlangsung, serta melakukan video streaming selama proses gerhana berlangsung.

Biak, ibu kota Kabupaten Biak Numfor, Papua, akan menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang dilintasi jalur totalitas gerhana matahari hibrida 20 April 2023. Secara statistik, kemungkinan terlihatnya kembali gerhana matahari di titik yang sama mencapai 375 tahun. Karena itu, masyarakat Biak tak ingin melewatkan gerhana total kali ini yang akan berlangsung selama 1 menit 4 detik.

Pengamatan gerhana matahari total di Biak, Kamis (20/4/2023), akan dipusatkan di kawasan Pelabuhan BMJ dan Nirmala Beach Resort, Biak, yang terletak bersebelahan. Tenda, panggung, dan umbul-umbul didirikan untuk mendukung kelancaran gelaran Festival Gerhana Matahari Total 2023 sebagai bagian dari Teluk Cenderawasih Sail 2023.

Editor:
ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Bagikan