logo Kompas.id
โ€บ
Humanioraโ€บHarum Jasa Frans Seda, dari...
Iklan

Harum Jasa Frans Seda, dari "Nusa Bunga" untuk Nusantara

Tokoh tiga zaman, almarhum Franciscus Xaverius Seda atau Frans Seda, punya banyak peran sepanjang hidupnya. Jasanya untuk Nusantara bermula dari tempat kelahirannya di Pulau Flores yang dijuluki "Nusa Bunga".

Oleh
TATANG MULYANA SINAGA
ยท 1 menit baca
Buku <i>Putra Nusa Bunga & Wastra NTT</i>, <i>Mengenang Sosok Frans Seda</i>, Jakarta, Selasa (5/7/2022). Buku itu diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas.
KOMPAS/TATANG MULYANA SINAGA

Buku Putra Nusa Bunga & Wastra NTT, Mengenang Sosok Frans Seda, Jakarta, Selasa (5/7/2022). Buku itu diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas.

Tokoh tiga zaman, almarhum Franciscus Xaverius Seda atau lebih dikenal Frans Seda, punya banyak peran sepanjang hidupnya. Ia pernah empat kali menjabat menteri pada Orde Lama dan Orde Baru serta menjadi penasihat ekonomi untuk tiga presiden di era Reformasi. Ia juga berkiprah dalam diplomasi, pendidikan, dan pers. Jasanya untuk Nusantara bermula dari tempat kelahirannya di Pulau Flores yang dijuluki โ€Nusa Bungaโ€.

Frans Seda lahir pada 4 Oktober 1926 di Lekebai, Desa Bhera, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lokasinya berjarak sekitar 35 kilometer sebelah barat daya Kota Maumere.

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan