logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊPembelajaran Diferensiasi...
Iklan

Pembelajaran Diferensiasi Mengoptimalkan Keberagaman Potensi Siswa

Melalui pembelajaran berdiferensiasi, guru diharapkan menerapkan berbagai metode pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Sistem ini sebagai implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.

Oleh
TATANG MULYANA SINAGA
Β· 1 menit baca
Siswa kelas I, II, dan III Sekolah Dasar Negeri Jayamekar, Kampung Bantaka, Desa Muaracikadu, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, belajar dalam satu ruangan, Senin (14/8/2017). Sekolah itu hanya mempunyai dua ruang belajar dan empat guru honorer.
KOMPAS/TATANG MULYANA SINAGA

Siswa kelas I, II, dan III Sekolah Dasar Negeri Jayamekar, Kampung Bantaka, Desa Muaracikadu, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, belajar dalam satu ruangan, Senin (14/8/2017). Sekolah itu hanya mempunyai dua ruang belajar dan empat guru honorer.

JAKARTA, KOMPAS β€” Setiap siswa mempunyai potensi yang berbeda. Hal ini membuat kebutuhan pembelajaran mereka juga berbeda sehingga menuntut kreativitas guru dalam mengembangkan kemampuan peserta didik. Pembelajaran diferensiasi yang berdasarkan pada minat dan bakat serta profil belajar siswa bisa menjadi solusi mengoptimalkan keberagaman potensi itu.

Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi(Kemendikbudristek) Kurniawan mengatakan, setiap anak lahir dengan karakteristik dan keunikan masing-masing. Jadi, meski siswa belajar di kelas secara bersama-sama, mereka memerlukan pendekatan berbeda dalam menyerap materi pelajaran.

Editor:
ADHITYA RAMADHAN
Bagikan