logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊPenyedia Jasa Umrah Belum...
Iklan

Penyedia Jasa Umrah Belum Siapkan Skema Pengembalian Uang

Penghentian layanan umrah oleh Pemerintah Arab Saudi mengejutkan banyak pihak. Penyedia jasa layanan umrah belum menyiapkan skema pengembalian uang calon jemaah yang telanjur membayar.

Oleh
Aditya Diveranta, Insan Alfajri
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/aSRHeRIcdS3NS7EPeBEAH7tK2R0=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F02%2FBiro-perjalanan-umrah_1582805089.jpg
KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Petugas agen perjalanan wisata sedang melayani calon pelanggan di mal Gandaria City, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Penawaran paket perjalanan umrah masih berlangsung di tengah keputusan Pemerintah Arab Saudi menghentikan kunjungan ke Masjid Nabawi terkait penyebaran virus korona tipe baru atau yang kini dikenal dengan virus Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS β€” Penghentian sementara layanan ibadah umrah berdampak serius ke perusahaan penyedia jasa perjalanan. Mereka belum menyiapkan skema pengembalian uang yang sudah dibayarkan calon jemaah. Keputusan tersebut dinilai mendadak dan merugikan mereka yang menjalankan bisnis ini.

Direktur Utama PT Mahkota Dhuarifqi Mandiri Wisata Iwan Giwangkara belum memikirkan skema pengembalian uang kepada pengguna jasa apabila perjalanan gagal. ”Kami meyakinkan mereka tetap berangkat walau tertunda. Sebagian besar mereka memang sudah membulatkan tekad umrah, kemungkinan untuk refund kecil sekali,” katanya, Kamis (27/2/2020), di Jakarta.

Editor:
Andy Riza Hidayat
Bagikan