logo Kompas.id
β€Ί
Hiburanβ€ΊTetesan Air di Buku Biografi...
Iklan

Tetesan Air di Buku Biografi Soeharto

Seni instalasi penyulingan rempah menghasilkan air esensial yang dijatuhkan di buku-buku biografi Soeharto.

Oleh
IGNATIUS NAWA TUNGGAL
Β· 1 menit baca
Drum bertuliskan, Pertamina, di atas tungku perapian digunakan untuk proses penyulingan rempah. Ini menjadi karya seni instalasi Ade Darmawan dalam pameran tunggal bertajuk <i>Water Resistance</i>” Rabu (17/7/2024). Pameran ini digelar di Galeri ROH Projects, Jakarta, berlangsung 7 Juli hingga 4 Agustus 2024.
KOMPAS/IGNATIUS NAWA TUNGGAL

Drum bertuliskan, Pertamina, di atas tungku perapian digunakan untuk proses penyulingan rempah. Ini menjadi karya seni instalasi Ade Darmawan dalam pameran tunggal bertajuk Water Resistance” Rabu (17/7/2024). Pameran ini digelar di Galeri ROH Projects, Jakarta, berlangsung 7 Juli hingga 4 Agustus 2024.

Sekarang ini sudah tidak lagi semata hanya lukisan dan patung yang ditampilkan untuk sebuah pameran karya seni rupa kontemporer. Di ruang pamer bisa terjadi apa saja. Termasuk ketika seniman Ade Darmawan (50) merangkai seni instalasi penyulingan aneka rempah dan membuat tetesan air sulingannya itu dijatuhkan di buku-buku biografi presiden kedua Soeharto.

Ade menggunakan dua metode penyulingan. Untuk jenis daun seperti daun pandan, daun cengkeh, daun sirih, daun nipah, daun kelapa, dan daun liman; ia menggunakan metode pengukusan. Juga untuk bunga melati. Kemudian Ade merebus untuk berbagai jenis biji-bijian, batang kayu, dan kulit kayu; yang meliputi pala, kayu manis, lada, cendana, dan kemiri.

Editor:
MOHAMMAD HILMI FAIQ
Bagikan