INDUSTRI HIBURAN
Kekuatan Album K-Pop dan Produk-produk Turunannya (Bagian 1)
Pembahasan mengenai demam K-Pop dan industri musik Korea Selatan seolah tidak ada habisnya. Ada saja hal menarik untuk dibahas, tak terkecuali mengenai tren album dan ”merchandise” dari para artis K-Pop.
/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F02%2Fkompas_tark_11024352_68_0.jpeg)
Penggemar grup musik menggunakan poster untuk berlindung dari sengatan matahari saat antre memasuki Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, untuk menonton pertunjukan musik, Sabtu (22/9/2018). Ribuan, bahkan jutaan, remaja menggandrungi grup-grup musik dari Korea.
Pada umumnya, album artis di negara lain hanya berisi CD, foto atau poster, dan booklet lagu. Namun, album musik K-Pop biasanya menawarkan sensasi lebih bagi penggemar.
Album-album artis K-Pop biasanya didesain semenarik mungkin dengan berbagai konsep. Penyanyi rap G-Dragon pernah merilis album Heartbreaker dengan gambar wajah 3D pada 2009 dan Grup musik f(x) mengeluarkan album Pink Tape yang menyerupai kaset VHS pada 2013.