logo Kompas.id
Gaya Hidup”Homeschooling”, Bebas Belajar...
Iklan

”Homeschooling”, Bebas Belajar Tanpa Dinding Sekolah

Homeschooling makin banyak diminati. Tapi tunggu dulu, ingin saja tidak cukup untuk menjalani metode ini.

Oleh
RIANA A IBRAHIM, WISNU DEWABRATA, SEKAR GANDHAWANGI
· 1 menit baca
Eimer Muhamad Hegel dan Fahira Sophia Oracle menjalani metode belajar di rumah (<i>homeschooling</i>) di Sawah Lama, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (25/7/2024). Selain belajar kedua murid dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Piwulang Becik tersebut juga belajar berjualan di toko dan penatu (<i>laundry</i>).
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Eimer Muhamad Hegel dan Fahira Sophia Oracle menjalani metode belajar di rumah (homeschooling) di Sawah Lama, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (25/7/2024). Selain belajar kedua murid dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Piwulang Becik tersebut juga belajar berjualan di toko dan penatu (laundry).

Reka ulang ketika pandemi, para orangtua dihadapkan pada fenomena belajar di rumah. Padahal, konsep ini sudah dijalani secara sadar oleh banyak keluarga di Indonesia lebih dari satu dekade dalam senyap dan penuh tantangan.

”Ayo, baris yuk. Mulai...” ujar Gisel kepada sejumlah anak yang lebih muda untuk merapikan barisan karena latihan basket pada Rabu (24/7/2024) pagi itu harus segera dimulai. Gisel yang kini masuk kelas 2 SMP bertanggung jawab memandu latihan pagi itu di sebuah lapangan basket dalam ruangan di kawasan Tangerang Selatan.

Editor:
BUDI SUWARNA
Bagikan