logo Kompas.id
â€ș
Gaya Hidupâ€șFenomena BTS Meal, Bertemunya ...
Iklan

Fenomena BTS Meal, Bertemunya Kekuatan Industri dan Kekuatan Cinta Penggemar

Ada beberapa kekuatan industri budaya populer yang berperan di balik fenomena hebohnya BTS Meal. Salah satunya kekuataan cinta para BTS Army.

Oleh
Elsa Emiria Leba, Wisnu Dewabarata, Budi Suwarna
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/dWc3vmW92Ul2Ov4at_PNYI5jEUA=/1024x588/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F06%2F84f7b83a-5634-437a-902a-d8be986c3ac5_jpg.jpg
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Antrean panjang pengemudi ojek daring yang akan mengambil pesanan pelanggan di restoran cepat saji McDonald’s Green Garden, Jakarta Barat, Rabu (9/6/2021). Sejumlah gerai McDonald’s dipadati pengojek daring dari berbagai aplikator yang akan mengambil pesanan BTS Meal, menu yang baru diluncurkan kolaborasi McDonald’s dan boyband K-pop BTS.

JAKARTA, KOMPAS — Di balik kehebohan aksi borong BTS Meal di gerai-gerai McDonald’s, ada beberapa kekuatan yang beroperasi sekaligus. Ada kekuatan industri budaya populer dari Barat dan Timur yang bersekutu, media sosial, dan ”kekuatan cinta” penggemar BTS. Ini fenomena industri yang akan terus diulang di tengah masyarakat konsumen.

Rabu (9/6/2021), BTS Army—sebutan penggemar BTS—di Indonesia dan di beberapa negara lain menyambut peluncuran paket Chicken McNuggets yang diberi nama BTS Meal alias santapan BTS dengan gegap gempita. Mereka menyerbu puluhan gerai McDonald’s atau memesan lewat layanan pesan makanan secara daring. Fenomena ini sempat jadi perhatian beberapa media di dunia. Pasalnya, peluncuran BTS Meal di negara lain sebelumnya tidak seheboh di Indonesia, setidaknya hingga saat ini.

Editor:
budisuwarna
Bagikan