Generasi Z di Asia Tenggara Lebih Rasional dalam Berbelanja
Generasi Z di Asia Tenggara cenderung berbelanja secara rasional dengan sejumlah pertimbangan. Hal ini menandakan produk yang mengandalkan promosi dan embel-embel saja tidak akan memenangi hati mereka.
JAKARTA, KOMPAS β Generasi Z atau mereka yang umumnya lahir pada periode 1996-2012 di Asia Tenggara cenderung berbelanja dengan pertimbangan lebih rasional baik dari segi fungsi, kepantasan harga, maupun dampak terhadap komunitas dan lingkungan. Hal ini menjadi tanda bahwa produk yang mengandalkan promosi semata sulit memenangi hati generasi tersebut.
Hal itu terungkap dalam riset terbaru Hakuhodo Institute Life and Living ASEAN (HILL ASEAN) bertajuk βNow You Z Me, Debunking Myths About ASEAN Generation Zβ. HILL ASEAN adalah lembaga kajian orang dan pasar yang juga bagian dari Hakuhodo, perusahaan periklanan besar di Jepang.