FotografiKlinik FotoTrump, Pegi, dan Memori Visual...
AFP/ANNA MONEYMAKER

Trump, Pegi, dan Memori Visual yang Berulang

Sebuah foto bisa memanggil ulang memori di kepala. Adegan yang tersaji kadang menghubungkan pada foto lain yang serupa.

Oleh
YUNIADHI AGUNG
· 0 menit baca

Harian Kompas, Senin 15 Juli 2024, memasang foto penembakan kandidat presiden Amerika Serikat 2024, Donald Trump, saat berkampanye di Butler, Pennsylvania, sebagai foto utama halaman muka. Dalam foto tersebut para agen rahasia mencoba mengamankan Trump dari panggung ke tempat yang aman. Donald Trump tertembak dan terluka di bagian telinga kanan dalam peristiwa tersebut.

Sepekan sebelumnya, harian Kompas memasang bebasnya Pegi Setiawan yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Vina di Cirebon. Dalam foto HL (headline) itu, tampak Pegi tersenyum lepas saat ditemui jurnalis di depan Gedung Direktorat Perawatan Tahanan dan Barang Bukti Kepolisian Daerah Jawa Barat, Kota Bandung. Pegi akhirnya bebas setelah dalam sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Bandung, hakim memutuskan Polda Jabar untuk menghentikan penyidikan terhadap Pegi Setiawan.

Kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, diamankan oleh agen rahasia setelah terkena tembakan di telinga saat menggelar kampanye di  Butler, Pennsylvania, Amerika Serikat, Minggu (13/7/2024).
AFP/ANNA MONEYMAKER

Kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, diamankan oleh agen rahasia setelah terkena tembakan di telinga saat menggelar kampanye di Butler, Pennsylvania, Amerika Serikat, Minggu (13/7/2024).

Memuat data...
Memuat data...